6 Cara Mencuci Topi dan Merawatnya agar Tidak Cepat Rusak

Cara Mencuci Topi
Sumber : Freepik

Terdapat banyak debu yang nempel di topi, Sayangnya, seringkali topi susah dicuci, Kalo mau cuci, cuci aja pake tangan, itu yang paling aman.

Tapi kalo topinya kuat, bisa juga dicuci pake mesin. Sebelum nyuciin topi ke air, eits, sebelum itu cari tahu dulu bahan dari topi yang akan di cuci dan cek apakah topi itu bisa kehilangan bentuk atau enggak.

Gampangnya, liat aja label di topi yang berisi informasi tersebut. Tapi kalo gak ada label, ya perlu pake feeling dan pertimbangan terbaik. berikut tips merawat topi agar tidak cepat rusak saat mencucinya.

Baca Juga : Konveksi Topi di Bali, Mitra Terpercaya untuk Produksi Topi Berkualitas

Gunakan Air Dingin untuk Mencuci

istockphoto 1323320705 170667a
Sumber : Istockphoto

Cuci topi pake air dingin, Jangan sampe pake air panas atau hangat, soalnya bisa bikin warna topi kamu jadi pudar. Gak kece kan kalo warnanya jadi luntur? Jadi, pilih air dingin biar topi kamu tetep tampil oke!

Pembersihan Manual dengan Sikat Kecil

fcba01fb 1dcc 4bd3 b0e3 2009ab19c873 1 edited
Sumber : Freepik

Beberapa jenis topi, seperti snapback dan trucker dengan pinggiran, sebaiknya tidak dicuci dengan mesin cuci. Sebaliknya, bersihkan secara manual dengan menyikat bagian-bagian kotor menggunakan sikat kecil secara lembut. Ini membantu mencegah kerusakan serat topi.

Menambahkan Detergen dan Pewangi

pemutih
Sumber : Freepik

Kalo mau nambahin detergen ke topi, jangan asal tuang langsung ke atasnya yaa. Cara paling bener, campurin dulu detergen dalam ember yang diisi air dingin.

Setelah itu, rendam topi, trus sikat pelan-pelan di bagian yang kotor. Jadi, tujuannya biar busa sabunnya merata dan ngecover seluruh permukaan topi. Gampang, kan?

Baca Juga : Suka Memakai Topi? Yuk Kenali 5 Model Topi Pria yang Keren

Hindari Pengeringan Langsung di Bawah Matahari

side view pigmented cloths held by pegs assortment 23 2148734412
Sumber : Freepik

Setelah kamu selesai mencucinya, hindari menjemurnya langsung di bawah sinar matahari agar warna topi kamu tidak cepat memudar, gak bagus kan? disarankan menggunakan pengeringan udara, biar topi kamu tetep wangi, minim akan kelembabannya.

Gunakan Parfum Khusus

woman holding antiseptic her hands 1157 35890
Sumber : Freepik

Setelah topi kamu sudah kering 100%, disarankan semprot pake parfum khusus buat topi biar tetep wangi. Parfum yang biasa dipake buat helm juga bisa nih, selain bikin wangi, bisa juga menghindari bakteri nempel di kain.

Simpan di Tempat yang Aman

collection multicolored women s hats rack showcase fashion boutique white wall background 100656 1478
Sumber : Freepik

Nah, setelah topi kamu bersih dan wangi, jangan taruh sembarangan di tempat terbuka, bisa-bisa ngedraw debu yang bakal nempel di topi kamu.

Jadi, simpen topi di rak topi yang khusus, jauh dari aksesori atau baju lain. agar topi kamu tetep oke, bentuknya terjaga, dan nggak rusak.

Baca Juga : Konveksi Topi di Bali, Mitra Terpercaya untuk Produksi Topi Berkualitas

Nah jadi gitu guys, cara mencuci topi dan merawatnya, gimana gampang bukan?
Dengan mengikuti tips diatas, topi kamu bakal tetep jadi favorit buat tampil kece setiap hari.

Kalau kamu perlu layanan pembuatan topi untuk organisasi atau instansi, VL Konveksi jawabannya, mitra yang dapat kamu percayai. dan kami mendukung kualitas pekerjaan kami dengan menawarkan garansi yang sesuai untuk produk-produk yang di pesan.

Jam kerja kami mulai dari pukul 09:30 hingga 17:00, dan kami tutup pada hari Minggu. Kami berharap dapat membantu kamu dengan kebutuhan pembuatan Topi custom yang bakal kamu pesan. semoga bermanfaat!

Bagikan ke Teman Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×